0 Biografi Cleopatra

Asal usul nama Kleopatra memang tidak dapat dipisahkan dari sejarah Yunani karena ia adalah saudara kandung Iskandar agung seorang raja termashur dari Macedonia. ayah mereka bernama Antiochus III seorang Raja Yunani. kleopatra menikah dengan Ptolemeus V raja mesir yang memerintah pada tahun 193SM.akhirnya nama kleoptara dijadikan nama resmi oleh beberapa Ratu dan putri keturunan Dinasti Ptolemeus.


Dalam perjalanan sejarah Mesir dibawah pemerintahan Dinasti ptolemeus,maka yang paling terkenal adalah kleopatra ke VII yang lahir pada tahun 69SM.ia putri Raja Ptolemeus XII dan mempunyai saudara laki-laki Ptolemeus XIII dan XIV.

ketika kleopatra berusia 18 tahun ayahnya wafat,atas kesepakatan bersama maka Mesir dipimpin oleh tiga bersaudara tersebut. menurut adat istiadat Mesir perkimpoian sesama saudara harus dilakukan untuk menjaga kemurniaan darah kerajaan. maka kleopatra VII menikah dengan Ptolemeus XIII yang juga saudara laki-lakinya sendiri.

kleopatra ke VII sebenarnya bukan seorang wanita cantik. hidungnya yang bengkok sangat merisaukan pikirannya. tetapi walaupun tidak cantik,ia memiliki daya tarik tertentu sehingga banyak kaum pria yang mengaguminya. 

sebagai keturunan kerajaan tidak sulit bagi kleopatra untuk memperoleh pendidikan tinggi ditambah lagi dengan kepandaiannya yang cukup tinggi menyebabkan kleopatra mampu mengembangkan dirinya ditengah-tengah kaum pria. ia bisa menguasai beberapa bahasa termasuk Mesir yang pada waktu itu terhitung tak seorangpun dari keluarganya yang mampu berbuat seperti kleopatra. Kleopatra menunjukan perhatiannya yang mendalam terutama dalam menentukan kebijakan politik atau dalam menegakan keadilan. ketaatan beragama sangat mempengaruhi sikap hidupnya sehingga kepercayaan dan upacara-upacara keagamaan orang Mesir tercermin dalam kehidupannya. 

ambisi kleopatra adalah memperkuat kedudukan keturunan dinastinya dalam memerintah Mesir dan ikut mengambil bagian dalam percaturan kekuasaan di pusat kerajaan romawi.untuk menentukan kedudukannya sebagai wanita yang mempunyai pengaruh dalam politik luar negeri telah terbukti kebenarannya ketika menghadapi musuhnya dari Romawi,ia tak sedikitpun merasa gentar dan takut.

Waktu itu diluar negeri kekuatan Romawi telah menunjukan kejayannya.sebagai negara besar Romawi kerap sekali turut campur dalam urusan negara lain.Mesir tak luput dari masalah ini bahkan orang-orang yang mengincar kerajaan berlomba-lomba mendapatkan restu Roma.sedangkan di Romawi sendiri persaingan untuk menduduki tahta terus berlangsung.bersamaaan dengan persaingan yang ketat antara Yulius Caesar dengan Gnaeus Pomparius,maka Firaun Ptolemeus menjadi cemas.sementara itu timbul keinginan untuk bersekutu dengan pemenang.maka diaturlah rencana untuk membunuh pomparius ketika ia mengungsi ke Mesir.kemenangan sepenuhnya ditangan Yulius Caesar. setibanya Yulius caesar di Iskandaria,dengan keputusan yang tepat Kleopatra menjadikan dirinya selir Yulius Caesar .ketika Yulius caesar kembali ke Romawi Kleopatra juga ikut serta. sebagai seseorang yang mempunyai ambisi dan semangat hidup yang tinggi,kehidupan di roma sangat membosankan karena ia tidak mempunyai peran politik yang berarti.Selama di roma ia mempunyai anak dari Yulius Caesar yaitu Ptolemeus caesar.

Yulius caesar terbunuh pada bulan maret tahun 44 SM.dua orang pewaris Yulius caesar kemudian saling bersaing yaitu Mark Anthonius,dan Oktavianus agustus. Kleopatra harus memilih salah satu dari mereka sebagai sekutu. akhirnya kleopatra memilih Anthonius pria yang menurutnya tidak bisa dikalahkan.dengan modal kekayaan dan kemewahan ia memperdayai Anthonius,kemudian mereka berhubungan sangat erat sehingga kleopatra melahirkan anak kembar dari Anthonius yang diberinama Alexander Helious dan Kleopatra Selence.kali ini pilihan kleopatra terhadap Antonius kurang tepat karena ternyata Antonius dapat dikalahkan oleh Agustus.

pada bulan Agustus tahun 32 SM Agustus berhasil menduduki Iskandaria.kemudian Anthonius bunuh diri dengan pedangnya demi terhindar hukuman mati bagi orang yang kalah perang. Menurut Legenda romantis sebelum anthonius mati bunuh diri ia sempat bertemu dengan Kleopatra.keduanya sepakat untuk bunuh diri dalam waktu yang berlainan.ketika Anthonius mati maka Kleopatra mengakhiri hidupnya dengan menekan ular Kobra ke dadanya pada tahun 3O SM . menurut kepercayaan orang-orang Mesir ular sangat dipuja karena ular menjabat sebagai menteri dari Ammon Ra.

sumber : kaskus

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Biografi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates