0 Biografi Band U2

U2 salah satu dari beberapa band yang sangat konsisten dan selalu eksis dalam di tiga dekade, U2 telah membuktikan karir mereka yang berhasil pada dua sisi yaitu antara artistik dan bisnis dari industri musik. U2 yang dipelopori oleh Bono sang vocalis memiliki ciri khas musik yang sangat digemari penduduk dunia.

U2 dibentuk di Dublin pada musim gugur tahun 1976, pada saat itu Larry Mullen menulis di papan pengumuman di SMA-nya untuk mencari musisi yang akan membuat sebuah band baru. Dari pengumuman itu ahirnya dibentuk lah band tersebut yang beranggotakan, lima orang yaitu Mullen (lahir 31 Oktober 1961) pada drum, Adam Clayton (lahir 13 Maret 1960) pada bass, Paul Hewson (kemudian dijuluki "Bono Vox" dan akhirnya hanya "Bono", lahir 10 Mei 1960) pada vokal, dan Dave Evans (kemudian dijuluki "The Edge", lahir pada 8 Agustus 1961) pada gitar dan Dave saudaranya Dick, juga bermain gitar, namun Dave hanya sebentar berada didalam group dan bergabung dengan band asal Dublin yang lain yaitu Virgin Prunes.

Saat itu nama band meraka adalah "The Hype," dan mulai berlatih di akhir pekan dan sepulang sekolah, karakter persahabatan sejati terbentuk dengan sendirinya ketika meraka berlatih bersama. Setelah hampir 18 bulan latihan, band datang pada pertunjukan pencarian bakat di Limerick, Irlandia, pada bulan Maret, 1978 yang dipromotori oleh CBS Records. Jackie Hayden menilai, U2 (mereka baru saja mengubah nama mereka lagi) memenangkan kontes, mendapatkan hadiah £ 500 dan studio merekam demo pertama mereka.

Tak lama setelah acara kontes bakat, band meyakinkan pengusaha asal Dublin yang bernama Paul McGuiness untuk mempromosikannya. band banyak melakukan pertunjukan di dalam dan sekitar Dublin, berusaha untuk membangun basis penggemar lokal. Pada bulan September, 1979, U2 merilis single pertama, yang menduduki puncak tangga lagu nasional pada waktu itu. Pada bulan Desember tahun itu, U2 pergi ke London untuk pertunjukan pertama di luar Irlandia, dan berjuang untuk mendapatkan perhatian dari penggemar musik dan kritikus di London.

Band ini mulai populer pada tahun 1983 dengan Singlenya "Sunday Bloody Sunday" yang ditujukan pada peristiwa pembantaian warga sipil tak berdosa selama masalah Irlandia. Single itu menyerukan penolakan terhadap kekerasan. Sepanjang tahun 1980-an band ini membuat lagu yang menyerukan kampanye melawan Angkatan Darat Republik Irlandia (IRA). IRA mengirim ancaman bagi U2 bahwa jika mereka melanjutkan kampanye, mereka akan diculik. Akan tetepi Band ini tetap melanjutkan kampanye mereka.

U2 pada tahun 1984 membuat album "Unforgettable Fire" yang terinpirasi oleh para korban yang selamat dari bom atom Hiroshima dan Nagasaki. lagu dalam album ini yaitu "Pride" dan "MLK" dipersembahkan dan terinpirasii kepada pemimpin zaman modern yang paling mereka kagumi, Martin Luther King. Lagu lain, "Bad", adalah tentang ancaman heroin, yang merupakan masalah serius di kota asal mereka Dublin pada waktu itu.

U2 adalah band utama dalam konser "Live Aid" tahun 1985, yang bertujuan mengumpulkan dana untuk bantuan terhadap kekeringan yang parah di Ethiopia. Band ini dilihat oleh 1,5 milyar orang yang menyaksikan konser di televisi, dan Bono unscripted melompat ke kerumunan imajinasi semua. Lebih dari 75 kelompok melakukan mengangkat sekitar $ 250 juta untuk badan amal. Dalam bulan-bulan setelah konser, U2 rekor penjualan meroket dan tidak pernah datang kembali. Pada tahun 1986 band judul tur promosi untuk mendukung Amnesty International, dan upaya tiga kali lipat dilaporkan keanggotaan organisasi.

U2 melanjutkan pekerjaan mereka untuk amal dan aksi sosial. Mereka mempromosikan Persetujuan Damai Irlandia Utara, mengumpulkan uang untuk korban yang selamat dari pemboman Omagh, bermain di Sarajevo yang hancur setelah perang di sana, membantu menyokong perekonomian yang goyah di New York City dengan bermain di sana menyusul serangan teroris pada 11 September, berpartisipasi dalam Live 8 serangkaian konser untuk meringankan utang Negara yang kekurangan, dan terus mempromosikan kampanye unutk membatu Negara-negara miskin. Bono telah menjadi simbol dalam upaya untuk mengakhiri kemiskinan dan mencari bantuan untuk penderita AIDS dan meningkatkan perdagangan untuk Afrika. Dia telah menjadi sangat terkenal karena upaya ini.

U2 telah mendapatkan penghargaan Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2005. Pada tahun itu mereka telah memenangkan 22 Grammy Awards, sebuah catatan sejarah yang hanya dilampaui oleh Stevie Wonder dan U2 bisa mendapatkanya.

Album yang telah dirilis band ini meliputi: "Boy" (1980) / "October" (1981) / "War" (1983) / "The Unforgettable Fire" (1984) / "The Joshua Tree" (1987) / "Rattle and Hum" (1988) / "Achtung Baby" (1991) / "Zooropa" (1993) / "Pop" (1997) / "All That You Can't Leave Behind" (2000) / "How to Dismantle an Atomic Bomb" (2004) / "No Line On the Horizon" (2009).

Ref :
http://www.imdb.com/name/nm1277752/bio
http://www.atu2.com/band/bio.html
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Biografi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates