3 Biografi Jabir Ibn Hayyan

Jabir ibn Hayyan adalah ahli kimia, farmasi, fisika, filosoft, dan astronomi yang hidup pada abad ke-7. Dia telah mampu mengubah persepsi berbagai kejadian alam yang pada saat itu dianggap sebagai sesuatu yang tidak dapat diprediksi menjadi sains yang dapat dimengerti dan dipelajari oleh manusia. Penemuan-penemuan di bidang kimia juga menjadi landasan bagi perkembangan ilmu kimia dan tenik kimia modern saat ini.

Jabir adalah ilmuwan yang menemukan asam klorida, asm nitrat, asam asetat, teknik distilasi, dan teknik kristalisasi. Dia juga menemukan larutan aqua regia, hasil penggabungan asam klorida dan asam nitrat untuk melarutkan emas.

Jabir mampu mengaplikasikan kemampuannya dibidang kimia ke dalam proses pembuatan besi dan logam lainnya, serta pencegahan karat. Dia juga mengaplikasikan penggunaan mangan dioksida pada pembuatan gelas kaca. Bahkan, dialah orang pertama yang mencatat bahwa pemanasan anggur akan menimbulkan gas yang mudah terbakar. Hal inilah yang kemudian memberikan jalan bagi Al-Razi untuk menemukan etanol.

Jika kita mengetahui kelompok metal dan non-metal dalam penggolongan kelompok senyawa, maka lihatlah apa yang pertama kali dilakukan Jabir. Dia mengajukan tiga kelompok senyawa berikut :

1.Spirit, yang menguap ketika dipanaskan, seperti campor arsen, dan ammonium klorida.
2.Metal, seperti emas, perak, timbal, tembaga dan besi.
3.Stones yang dapat dikonversi menjadi bentuk serbuk.

Pada abad pertengahan, penelitian-penelitian Jabir tentang kimia diterjemahkan kedalam bahasa latin dab menjadi buku teks standar untuk para ahli kimia di Eropa. Beberapa diantaranya adalah kitan Al-Kimya yang diterjemahkan pada 1144 dan Al-Sab’een yang edisi terjemahanya terbit pada 1187.

Beberapa tulisan Jabir juga diterjemahkan oleh Marcelin Berthelot ke dalam beberapa buku, yaitu Book of the kingdom, Book of the Balances, dan Book of Eastern Mercury. Beberapa istilah teknik yang ditemukan dan digunakan oleh Jabir juga telah menjadi bagian dari kosakata ilmiah di dunia internasional, misalnya istilah “alkali”, dan lain-lain
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. wow, Postingan dan Blog yang keren.
    trims untuk sharingnya om.
    salam kenal ya om.

    BalasHapus
  2. jabir ibn hayyan :

    the best chemistry for is the best moslem


    http://doktertoeloes blogspot.com/2011/10/bersa -
    ma teman sejawat seprofesi.html

    BalasHapus
  3. Perlu lebih banyak tahu tentang penemu dan ilmuwan muslim

    BalasHapus

 

Biografi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates