0 Biografi Charles Francis Richter

Charles Francis Richter dilahirkan di sebuah peternakan di Ohaio, AS, pada 26 April 1900. Dalam usia 16 tahun, dia dan ibunya pindah ke Los Angeles, California. Dikota inilah dia menjalani pendidikan seismologi di University of Southern California (1916-1917). Setelah itu, dia pindah ke Stanford University unutk belajar fisika teori dan lulus pada 1920.

Di almamater pertamanya, pada 1927 Richter bekerja di laboratorium seismologi di Pasadena, California. Setahun kemudian, dia menikah dengan Lilian Brand.

Pada 1928, Richter meraih doctor dari California Institude of Technology (Caltech). Di Universitas inilah dia mencapai ketenaran. Di Caltech pula, bersama Beno Gutenberg, pada 1935 dia mengembangkan suatu cara untuk mengukur besaran gempa bumi yang kemudia dikenal dengan skala Richter.

Skala Richter dihitung berdasarkan besarnya amplitudo gempa bumi yang terekam oleh alat seismometer tipe Wood-Anderson pada jarak tertentu dari sumber gempa. Prinsipnya, besarnya skala magnitudo gempa berbanding lurus dengan besarnya amplitudo dan berbanding terbalik dengan jarak alat ke sumber gempa.

Skala Richter menguraikan kekuatan gempa bumi dengan angka-angka pada kisaran 0-9. artinya, angka 9 merupakan angka tertinggi dan jarang terjadi. Meski pada mulanya, di tahun 1930-an, belum pernah terjadi gempa bumi berkekuatan lebih besar dari magnitude 8,9 skala Richter hingga sekarang masih digunakan.

Angka magnitudo gempa diperoleh dengan mengukur amplitudo terbesar dalam micron (10-6 m = 10 pangkat minus eman) pada seismogram. Jarak seismograf dirancang dengan standar sejauh 100 km dari pusat gempa. Dari situ diperoleh logaritma gempa.

Selain membuat skala yang digunakan untuk mengukur kekuatan suatu gempa, Richter juga menuliskan buku teks untuk seismik, yaitu Elementary Seismology (1958) dan Seismicity of the Earth (1954) yang ditulis bersama koleganya, Beno Gutenberg. Richter bersama ahli-ahli seismologi dari Caltech, yaitu Frank Presso, Beno Gutenberg, dan Hugo Benioff dikenal sebagai Bapak seismologi.

Richter mengaku bahwa skala yang dia kembangkan didapat secara tidak sengaja ketika sedang mengerjakan tugas doctoral untuk fisika teori di bawah bimbingan Dr. Robert Millikan. Kata Richter “Millikan menawari saya untuk bekerja di labolatorium seismic di bawah pimpinan Harry Wood”. Di sanalah dia mendapatkan data-data yang dijadikannya dalam penentuan skala yang legendaries itu.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Biografi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates