2 Biografi Anders Celcius

Masa kecil Anders Celcius tidak banyak deketahui, dia lahir di Uppsala, Swedia, pada 27 November 1701. dibesarkan dalam keluarga ilmuwan, dia telah menunjukkan bakat menonjol dalam bidang matematika sejak usia belia. Ayahnya adalah seorang professor bernama Nils Celcius. Sementara kakeknya adalah seorang professor astronomi bernama Magnus Celsius.

Keluarga besar Celcius adalah ilmuwan yang disegani. Pada usia 29 tahun, dia menjadi professor bidang astronomi di universitas Uppsala. Mulai tahun 1732, dia banyak melakukan kunjungan ke berbagai observatorium di Eropa dan melakukan kerja sama dengan beberapa astronom terkemuka. Dia melakukan penelitian dan observasi di bidang geografi, meteorology, dan astronomi.

Pada 1733, Celcius menerbitkan ratusan hasil observasi di Nurenberg, Jerman, termasuk hasil pbservasi aurora borealis, pengukuran geografis peta umum Swedia, dan penelitian lain dibidang astronomi dan meteorology. Dia kembali ke Uppsala pada 1763 setelah mengikuti perjalanan bersama astronomi lain ke Tornes, Swedia. Tujuan perjalanan tersebut adalah mengukur besar deajat meridian atau bujur mendekati daerah kutup. Hasil penelitian ini dibandingkan dengan penelitian serupa di Peru yang letaknya dekat dengan garis ekuator. Perjalan tersebut membuktikan teori Newton bahwa bentuk Bumi adalah elips dan rata pada kutubnya.

Celcius juga merupakan salah satu orang yang mula-mula menyatakan bahwa daratan di Negara-negara kawasan nordik secara berlahan naik diatas permukaan air laut, sebuah proses yang telah berlangsung sejak mencairnya es dari zaman es. Untuk keperluan observasi meteorologisnya, dia menciptakan sebuah thermometer dengan sekala yang memiliki titik beku 0 derajat dan titik didih 100 derajat. Pada mulanya thermometer tersebut disebut thermometer sekala derajat sentigrade. Kemudian pada tahun 1984, The Ninth General Conference on Weights and Measures mengubah nama derajar sentigrade menajdi derajat celcius, sebagai bentuk penghargaan kepada Andrs Celcius..

Celcius juga mengumumkan hasil penelitiaan dan kerjanya di Perhimpuanan Ilmuwan Uppsala yang didirikan pada 1710. di dalam organisasi tersebut dia menjabat sebagai sekretaris dari tahun 1725-1744. Dia juga memimpin hamper 20 pnelitiannya di bidang astronomi.

Celcius menulis buku berjudul Artihmetics for the Swedish Youth pada 1741. dia meniggal dunia pada 25 April 1744 karena menderita TBC. Waktu itu usianya 42 tahun. Jenazahnya dimakamkan did ekat kakeknya di wilayah Gereja Gamala Uppdala di Swedia.

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 

Biografi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates