2 Biografi Ernst Werner Von Siemens

Siemens adalah sebuah anam keluarga di Jerman yang keempat saudaranya menjadi insinyur, penemu dan pengusaha industry. Mereka adalah Ernst Werner Von Siemens, Sir William Siemens, Friedrich Siemens, Carl Friedrich Von Siemens. Meraka adalah tokoh-tokoh besar yang melopori perkembangan industry listrik dan baja. Dari keempat bersaudara itu yang terkenal adalah Werner dan William.
Ernst Werner Von Siemens adalah insinyur, penemu, pengusaha industry, dan anggota parlemen. Dia menemukan proses electroplating (1842), getah perca untuk mengisolasi kabel (1847), dynamo induksi diri (1866), pengatur diferensial untuk memproduksi benda anastatik untuk memproduksi benda cetak (1844), mesin uap regenerative, kondensor dan fotometer selenium. Dia mendirikan perusahaan Siemens dan Halske (1847) di Berlin yang berkembang pesat dan menjadi perusahaan terkemuka di Eropa.

Ernst memasang system kabel telegraf dari Berlin ke Frankfurt pada 1848. Dua tahun kemudian, dia memasang kabel bawah air menghubungkan Dover di Inggris dan Calais di Perancis.

Pada 1874, cabang-cabang perusahaanya di London memasang kabel Trans-Atlantik. Tujuh tahun kemudian, dia membangun rek kereta api listrik yang pertama di dunia di Lichterfielde. Di pinggiran kota Berlin.

Werner lahir di Lenthe, dekat Hannover, Jerman, pada 13 Desember 1816. Sesudah tamat sekolah di Lubeck dia masuk kedinas ketentaraan Prusia sebaga sukarelawan. Ketika itu umurnya baru 17 tahun. Di tempat ini ia dididik sebagai insinyur. Namun, ayahnya tidak mampu membiayai sekolahnya. Kemudian, dia masuk akademi militer di Berlin.

Pada 1840, ayahnya meninggal. Werrner terpaksa membesarkan dan membiayai pendidikan adik-adiknya yang berjumlah Sembilan orang. Setahun kemudian, dia mendapat pekerjaan dibengkel arteleri di Berlin. Namun, dia dijebloskan kepenjara karena terlibat dalam perkelahian antara adiknya dengan adik perwira yang lain. Selama didalam penjara ia dia menggunakan waktunya untuk mengadakan eksperimen kimia. Hasilnya, dia menemukan electroplating (1842), yaitu proses melapis (menyepuh) logam dengan arus listrik.

Beberapa bulan kemudian secara kebetulan dia melihat model awal telegraf listrik buatan Sir Charles Wheatstone (1837). Werner menyadari betapa pentingnya pesawat itu untuk komunikasi internasional. Dia segera bekerja keras untuk memperbaiki pesawat tersebut. Pihak militer segera tahu bahwa Werner sangat ahli dibidang telegraf. Maka, pada 1847 dia ditugaskan memasangkan kabel bawah tanah. Tetapi, pada waktu itu masih belum ada bahan untuk mengisolasi kabel.

Selama beberapa minggu Werner berfikir dan bekerja keras. Akhirnya dialah orang pertama didunia yang menemukan bahwa getah perca (karet) sangat baik untuk mengisolasi kabel. Pada tahun yang sama dia mengajak Johann Georg Halske, seorang insinyur muda untuk mendirikan bengkel telegraf. Kemudian, Werner mendapatkan tugas mengawasi pemasangan kabel di seluruh Jerman.

Pada 1849, Werner mengundurkan diri dari dinas militer. Dia lebih suka menjadi pengusaha di pabrik telegraf. Perusahaanya memasang kabel dari Eropa ke India melalui laut tengah.
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. wow, Postingan dan Blog yang keren.
    trims untuk sharingnya om.
    salam kenal ya om.

    oh iya om, udah pernah beli adsense weapon nya devy online?
    mau...

    ReplyDelete
  2. keren bgt emg yah isi blognya. terima kasih banyak yaah :)

    ReplyDelete

 

Biografi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates