0 Biografi Reginald A. Fessenden (1866-1932)

Reginald Aubrey Fessenden merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang berjasa
dalam perkembangan teknologi radio. Ia adalah salah satu penemu radio, ahli fisika Amerika Serikat, insinyur, dan guru besar ilmu fisika. Fessenden lahir pada tanggal 6 Oktober 1866 di Bolton Timur, Quebec, Kanada. Ia telah berhasil membuat 500 penemuan, diantaranya: alternator, detektor, heterodin, fathometer, dan penggerak turbo listrik untuk kapal tempur.

Alternator adalah alat untuk membangkitkan listrik dan menghasilkan arus bolak balik.Dengan adanya alternator telah mendorong terciptanya radio telepon. Detektor adalah alat untuk mengubah arus bolak balik menjadi arus yang searah. Heterodin adalah alat untuk mengubah frekuensi radio sehingga frekuensi tersebut mudah diatur dan dapat diperkuat.

Fessenden melewatkan masa pendidikannya di Trinity Collage di Port Hope, Ontario dan di Bishop’s University di lennoxville, Quebec. Perjalanan karirnya dimulai dengan menjadi guru dan kepala sekolah di Whitney Institute. Selama mengurusi sekolah tersebut, ia melakukan percobaan-percobaan di bidang listrik dan kimia. Kemudian ia pindah ke New York, Amerika Serikat dan melamar pekerjaan di Laboratorium Edison di Orange, New York. Ia diterima sebagai kepala bagian di bidang kimia.

Tahun 1890, Fessenden pindah kerja ke perusahaan listrik Westinghouse. Bekerja di
perusahaan ternyata bukan minatnya. Setelah bekerja di Westinghouse selama 2 tahun,
Fessenden kemudian pindah pekerjaan menjadi guru kembali. Pada tahun 1892 hingga tahun 1900, Fessenden bekerja sebagai guru besar di Universitas Purdue dan Pitssburg. Namun karena rasa penasarannya terhadap ilmu pengetahuan, ia fokus melakukan penelitian dan percobaan lagi dan meninggalkan universitas tempat ia mengajar.

Setelah berkali-kali melakukan eksperimen teknologi radio, akhirnya eksperimennya berhasil. Pada tanggal 24 Desember 1906, ia mengirimkan siaran radio pertama di dunia. Fessenden mendirikan stasiun pemancar radio di Brant Rock, Massachusetts. Jika Morse mengirimkan kode morse dengan kawat, Marconi mengirimkan kode morse tanpa kawat, maka Fessenden mengirimkan musik dan suara manusia tanpa kawat. Dengan kata lain, Marconi merupakan penemu telegraf dan Fessenden adalah penemu radio telepon. Fessenden menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 22 Juli 1932 di kepulauan bermuda, sebelah tenggara New York pada usia 65 tahun.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Biografi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates